Sistem Informasi Asrama

Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) versi 2.0 menambahkan Sistem Informasi Asrama sebagai salah satu modul yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik. Modul ini sangat cocok untuk sekolah yang menggunakan asrama seperti pesantren atau boarding school lainnya. Dengan adanya fitur ini, informasi tentang siswa yang berhubungan dengan asrama dapat dengan mudah diketahui.

Sekolah dapat dengan mudah mengatur dan menetapkan di mana siswa tinggal. Dengan demikian, siswa tidak bisa dengan mudah berpindah-pindah kamar karena informasi tentang tempat tinggal siswa ada pada sistem.

Sistem Informasi Asrama ini memungkinkan penggunaan asrama oleh sekolah yang berbeda. Hirarkhi data pada Sistem Informasi Asrama adalah sebagai berikut:

  1. Asrama 1
    1. Lantai 1
      1. Kamar 1
      2. Kamar 2
      3. Kamar 3
    2. Lantai 2
      1. Kamar 3
      2. Kamar 3
  2. Asrama 2
    1. Lantai 1
      1. Kamar 5
      2. Kamar 6
    2. Lantai 2
      1. Kamar 7
      2. Kamar 8
      3. Kamar 9
  3. Asrama 3
    1. Lantai 1
      1. Kamar 10
      2. Kamar 11
      3. Kamar 12
    2. Lantai 2
      1. Kamar 13
      2. Kamar 14
      3. Kamar 15

Setiap kamar memiliki nomor yang unik. Nomor kamar tidak boleh digunakan untuk asrama yang berbeda. Untuk membuat nomor kamar menjadi unik dapat dilakukan dengan penggunaan kode asrama dan kode lantai di depan kode kamar. Dengan demikian akan didapatkan nomor yang unik.

Setiap kamar dapat mempunyai beberapa status. Status tersebut merepresentasikan keadaan atau kelayakan huni kamar. Kamar yang dapat dihuni akan ditampilkan pada saat penempatan siswa.

Setiap kamar dibagi menjadi beberapa segmen yang masing-masing segmen dapat diisi oleh seorang siswa. Masing-masing kamar memeiliki kapasitas yang berbeda.

Selain informasi siswa, Sistem Informasi Asrama juga menyimpan pengurus asrama. Pengurus asrama akan bertanggung jawab terhadap satu asrama tertentu. Meskipun demikian, sebuah srama dapat berada di bawah pengawasan beberapa pengurus asrama.